Artikel

Food Service vs. Modern Trade: Memahami Perbedaan dan Peran Strategisnya

Istilah Food service (FS) dan Modern Trade (MT) mungkin sudah familiar, tetapi masih banyak yang perlu dipahami tentang bagaimana kedua sektor ini saling berinteraksi dan berpengaruh dalam industri saat ini.

Apa itu Food Service?

Food Services adalah bagian dari industri kuliner yang menekankan pada pelayanan yang memberikan pengalaman langsung kepada konsumen di tempat. Produk yang disediakan biasanya adalah makanan yang akan diolah menjadi sebuah menu yang siap disajikan kepada konsumen. Contohnya bisnis perhotelan, restoran, cafe, bar.

Apa itu Modern Trade?

Modern trade adalah sistem distribusi produk yang beroperasi di pusat perbelanjaan besar seperti mall, hypermarket, dan minimarket. Sistem ini menggunakan teknologi terbaru dan prosedur standar untuk mengelola stok, menjalankan promosi, dan menjalin kerjasama yang efisien antara pemasok dan pengecer.

Walaupun berada di luar jangkauan yang berbeda, kedua sektor ini memiliki kesamaan yang mendasar, yaitu keduanya memerlukan adanya distributor untuk memastikan kelancaran operasional mereka. Dengan adanya peran dari distributor, bahan dan produk yang diperlukan untuk mendukung manajemen sehari-hari dapat disediakan secara konsisten. Distributor berkontribusi sebagai penghubung krusial yang menyediakan input yang dibutuhkan, sehingga memungkinkan kedua sektor ini untuk menjalankan aktivitasnya dengan efisien dan efektif, serta menjaga agar semua proses operasional tetap berjalan dengan optimal.

Back to list

Related Posts